izoomYou Logo

Kisah Instagram: dongeng sejati

instagrams-history-a-true-fairy-tale
Dipublikasikan pada 16.03.2021

Banyak orang hampir tidak bisa membayangkan hidup tanpa Instagram. Lagi pula, dunia saat ini terbagi menjadi orang-orang yang aktif di Instagram dan mereka yang dapat menjelaskan kepada Anda mengapa mereka tidak memiliki akun. Artinya orang yang tidak menggunakan Instagram pun tahu apa itu Instagram. Lebih mengejutkan lagi bahwa hampir tidak ada yang tahu bagaimana Instagram benar-benar naik menjadi kekuatan dunia. Atau tahukah Anda bahwa Instagram pernah dibuat untuk penggemar wiski?

Bagaimana Instagram didirikan

Instagram dikembangkan dan diterbitkan oleh Mike Krieger dan Kevin Systrom pada tahun 2010. Apa yang sangat sedikit orang tahu, bagaimanapun, adalah bahwa aplikasi asli tidak disebut Instagram, juga tidak digunakan untuk tujuan yang kita kenal dan cintai hari ini. Sebaliknya, Kevin Systrom mengembangkan kode untuk aplikasi yang disebut "Burbn". Sebagai pecinta wiski dan terutama bourbon, dia menginginkan sebuah platform di mana lokasi terbaik untuk menikmati minuman ini bersama-sama dimasukkan. Dihiasi dengan beberapa foto yang sesuai, penggemar wiski dapat terhubung secara lokal. Systrom telah belajar sendiri untuk membuat kode di waktu luangnya dan aplikasi itu awalnya tidak lebih dari gimmick kecil. Tapi setelah beberapa saat rasanya seperti lebih bisa datang dari itu. Tapi Systrom bukanlah ahli bisnis atau keajaiban coding. Dia hanya punya ide yang sangat bagus pada waktu yang tepat. Di sebuah bar di acara networking, dia bertemu dengan beberapa investor yang langsung antusias dengan prototipe aplikasinya. Dia berhenti dari pekerjaannya dan dalam waktu dua minggu dia telah menerima sekitar $500.000 modal awal untuk proyeknya dari investor. Systrom segera mengambil kesempatan ini untuk bekerja dengan teman lamanya - Mike Krieger. Dia telah memberitahunya tentang ide Burbn beberapa tahun sebelumnya. Saat itu ada beberapa proyek aplikasi foto serupa - setelah kesuksesan YouTube dan Facebook, semua orang mencari hal besar berikutnya. Systrom dan Krieger membuat keputusan yang tepat dan tidak fokus pada tipu muslihat, tetapi terutama pada posting dan berbagi foto. Sekitar 100 pengguna aplikasi “Burbn” (hampir semuanya teman dan kenalan Systrom) menyatakan bahwa mereka sangat suka berbagi foto. Tujuan baru dari proyek ini juga termasuk nama baru: Instagram, kata baru yang dibuat dari "Instantcamera" dan "Telegram". Aplikasi ini dibuat tersedia untuk umum pada Oktober 2010. Pada bulan Desember 2010, lebih dari 1 juta orang menggunakan aplikasi ini. Instagram lahir.

Perkembangan pesat Instagram ke ukuran industri

$ 25 juta - Instagram bernilai sebanyak itu setelah hanya beberapa bulan di tahun 2011. Hype seharusnya tidak pernah berakhir. Twitter mencoba membeli platform tersebut dengan harga sekitar $500 juta. Para pendiri menolak dan diberi hadiah: Pada April 2012, Facebook membeli aplikasi seharga 1 miliar dolar dan pada saat yang sama menjamin bahwa perusahaan Instagram akan terus ada. Angka 1 miliar masih relevan hingga saat ini: Karena begitu banyak orang menggunakan aplikasi pada tahun 2020. 21 juta di antaranya di Jerman saja. Setengah dari pengguna, yaitu lebih dari 500 juta orang, melihat atau memposting cerita sendiri setiap hari. Dan sementara kita berbicara tentang angka, Instagram sekarang bernilai $ 100 miliar.

Warriors dan Systrom: Apa yang Terjadi pada Mereka?

Kevin Systrom dan Mike Krieger tidak lagi menjadi bagian dari Instagram. Yah, mereka bukan lagi bagian dari perusahaan, tetapi tentu saja mereka masih diwakili dengan akun. Jika tidak, mereka sebagian besar telah ditarik dari mata publik. Karena keduanya masih cukup muda - Systrom lahir pada tahun 1983 dan Krieger lahir pada tahun 1986 - diharapkan suatu hari, sendirian atau bahkan bersama-sama, mereka akan datang dengan sebuah ide. Misalnya, pada tahun 2020 Krieger mengembangkan aplikasi yang membantu melacak penyebaran COVID. Terakhir, dua kutipan yang menggambarkan betapa sederhananya awal mula Instagram. Kevin Systrom ketika ditanya apakah dia akan menggambarkan dirinya sebagai orang yang sukses (2011): "Itu sukses bagi saya ketika orang tua saya mulai menggunakan aplikasi." Mike Krieger menceritakan sebuah kisah dari bulan-bulan awal Instagram dalam sebuah wawancara: "Saya bangun sekali dan mendapat email yang mengatakan bahwa situs itu tidak tersedia dan saya berpikir: Siapa yang mengurusnya? Shane, apakah kamu melakukan itu? Kev, apakah kamu melakukan itu? Tidak. Dan akhirnya di terminal Anda masuk dan melihat apa yang terakhir Anda ketik. Jelas, pada pukul 3:30 pagi, benar-benar mabuk, saya berhasil menghidupkan kembali Instagram. Kami berjuang sangat keras saat itu."