izoomYou Logo

Lindungi akun Instagram Anda dari peretasan

lindungi-instagram-akun-terhadap-peretasan
Dipublikasikan pada 30.08.2019

Di masa lalu, pemilik akun Instagram semakin banyak menjadi korban serangan peretasan. Selain influencer dan selebriti, individu pribadi juga semakin terpengaruh. Pengguna biasanya menyadari hal ini karena ada sesuatu yang berubah di akun mereka. Misalnya, gambar profil hilang atau umumnya tidak mungkin lagi untuk masuk. Pada titik ini biasanya sudah terlambat. Agar tidak sampai sejauh itu, kami berikan 7 tips dalam postingan ini yang bisa Anda gunakan untuk melindungi akun Instagram Anda dari serangan peretasan.

1. Gunakan kata sandi yang aman

Meskipun secara teratur diberitakan naik turun di media, banyak pengguna masih menggunakan kata sandi yang tidak aman. Ini terdiri, misalnya, nama depan Anda sendiri yang digabungkan dengan tanggal lahir, atau informasi pribadi lainnya. Kata sandi seperti "123456", "kata sandi" atau sejenisnya juga klasik. Tip: Untuk kata sandi yang kuat, gunakan kata-kata yang mengandung setidaknya satu huruf kapital dan satu karakter khusus ditambah angka. Itu bisa terlihat seperti ini, misalnya: "JaegermeisteR_932"

2. Jangan gunakan aplikasi pihak ketiga

Mencari "Instagram" di toko aplikasi menghasilkan banyak aplikasi yang menawarkan layanan Anda. Ini termasuk, antara lain, mendorong profil Anda sendiri atau mendapatkan lebih banyak pengikut. Anda harus menghindari aplikasi pihak ketiga di mana Anda harus masuk dengan data akun Instagram Anda. Dengan cara ini, kemungkinan peretas dapat mengakses login Anda dan menggunakannya untuk intrik mereka yang meragukan.

3. Jangan menerima permintaan pesan dari akun yang meragukan

Pengguna Instagram semakin banyak menerima permintaan pesan dari akun-akun meragukan yang mengirimkan undangan atau postingan grup. Anda dapat mengenali ini dengan nama pengguna yang tidak biasa seperti "jibahc482", tetapi juga dengan gambar telanjang di pratinjau pesan. Anda harus menghapus ini secara langsung dan dalam keadaan apa pun menerimanya! Karena di balik itu, misalnya, bisa jadi ada software berbahaya.

4. Lindungi akun email Anda

Jika terjadi sesuatu yang salah dengan akun Instagram Anda, akun email Anda berfungsi sebagai bantuan sementara. Dengannya Anda dapat memulihkan kata sandi Anda dalam contoh terakhir dan segera mengubahnya sehingga peretas tidak dapat lagi masuk. Seperti yang sudah dijelaskan di poin 1, penting juga untuk menggunakan kata sandi yang aman di akun email Anda.

5. Abaikan email palsu

Penipu dan peretas juga mencoba mendapatkan data login Instagram dengan mengirimkan email palsu. Anda sering menganggap diri Anda sebagai dukungan Instagram dan mengatakan, misalnya, bahwa Anda perlu melakukan verifikasi lanjutan. Trik untuk mendapatkan centang biru untuk akun Instagram juga populer. Peretas ingin mendapatkan data Anda melalui phishing. Untuk itu, sebaiknya Anda lebih memperhatikan email masuk yang diduga berasal dari Instagram.

6. Selalu logout saat login ke perangkat lain

Bisa jadi Anda masuk ke akun Instagram Anda di komputer atau ponsel cerdas yang aneh saat Anda bepergian. Setelah Anda memeriksa semuanya, Anda pasti harus logout lagi. Ini berarti tidak ada orang lain yang memiliki akses ke akun Anda dan dapat melakukan fungsi tertentu.

Apa yang harus saya lakukan jika akun Instagram saya diretas?

Sekarang Anda harus bereaksi dengan cepat! Jika Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk akun Instagram dan kotak masuk email Anda, Anda harus terlebih dahulu mengubah kata sandi email Anda. Ini adalah satu-satunya cara untuk mencegah peretas mendapatkan akses ke akun lain seperti surat, eBay, dan sejenisnya. Anda kemudian menetapkan kata sandi baru dan mengaktifkan otentikasi dua langkah yang dijelaskan di bawah poin 6.